Susah Buang Air Besar Pada Anak

Sembelit atau susah buang air besar pada anak adalah kesulitan atau kelambatan pasase (pergerakan) tinja yang berkaitan dengan keras atau lunaknya tinja dan frekuensi buang air besar. Biasanya sembelit dipengaruhi oleh diet, kompoisis tinja, pergerakan saluran pencernaan dan penyumbatan karena suatu benda.

Penyebab sembelit pada anak adalah secara fungsional contohnya tertahannya pengeluaran tinja, depresi dan fobia (takut) toilet. Nyeri waktu berhajat, contohnya lecet/luka pada anus, adanya benda asing, peradangan pada lapisan rektum, dan pemakaian pencahar yang berlbihan. Penyumbatan secara mekanis, contohnya gangguan saraf usus, penyumbatan usus bagian atas dan ketiadaan atau tertutupnya rektal sejak bayi lahir. Pergerakan kolon yang melemah, kelainan  tinja karena diet, dan pseudkonstipasi (menyerupai sembelit).

Pengobatan yang harus dilakukan pada masalah susah buang air besar pada anak adalah pengobatan kasual yaitu pengobatan untuk menghilangkan penyebab terjadinya sembelit, misal sembelit yang disebabkan obstruksi/penyumbatan pada usus bagian atas, maka pengobatannya dengan menghilangkan hambatan tersebut.  Simptomatik yaitu pengobatan untuk menghilangkan gejala sembelit misalnya dengan memberikan obat pencahar.  Konservatif yaitu tindakan yang berupa diobservasi saja, biasanya sembuh sendiri. Kebiasaan buang air besar setiap hari, kebiasaan ini dibentik dengan cara membiasakan anak untuk BAB setiap pagi saat mandi. Sikap yang baik ketika BAB, misal sikap duduk yang tegak atau jongkok yang sempurna, tidak miring ke kanan atau ke kiri. Untuk lecet atau luka pada anis, perlu diberi salep anastesi dengan kortikosteroid untuk mengurangi rasa nyeri. Atasi penyebab psikologis.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Sembelit/ Susah BAB and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>