Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Secara Alami

Konstipasi atau susah buang air besar adalah suatu gangguan pada saluran pencernaan dimana penderita mengalami kesulitan untuk mengeluarkan sisa-sisa pencernaan (feses). Akibatnya, feses menjadi keras dan ketika mengeluarkannya membutuhkan tenaga yang kuat. Apabila kondisi seperti ini dibiarkan bisa mengakibatkan wasir.

Penyebab konstipasi adalah kekurangan minum atau serat. Kurang beraktivitas dan berolahraga, juga menyebabkan kerja usus menjadi lamban. Kebiasaan menunda keinginan buang air besar karena tidak mau mengganggu aktivitas kerja juga bisa menjadi pemicu terjadinya konstipasi. Pada usia lanjut, umumnya ekastisitas atau aktivitas usus besar (kolon) juga sudah berkurang sehingga dapat menyebabkan konstipasi.

Kontipasi atau susah buang air besar yang tidak terlampau sering dianggap wajar. Namun jika terjadi berulang kali, Anda perlu segera periksa ke dokter karena mungkin merupakan gejala dari suatu penyakit serius seperti kanker usus besar.

Untuk mengatasi susah buang air besar secara alami, dibutuhkan pola makan yang sehat, mengandung cukup air dan serat, contohnya buah dan sayuran. Serat makanan dapat mempercepat waktu transit makanan pada saluran pencernaan. Serat juga akan meningkatkan berat feses sebagai akibat dari kemampuan mengikat air sehingga feses akan lebih mudah dikeluarkan.

Hampir semua buah dan sayuran bisa digunakan untuk terapi jus dalam mengatasi susah buang air besar secara alami dan memperlancar saluran pencernaan dan mencegah konstipasi. Buah dan sayuran tersebut antara lain alpukat, anggur, buah naga, kesemek, kiwi, mangga, manggis, melon, sawo, sirsak, srikaya, pepaya, bayam, lidah buaya, rumput laut, serta buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Masalah Buang air Besar atau Konstipasi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>