Obat Tradisional Mengatasi Sembelit

Sembelit atau buang air besar sebenarnya bukan penyakit, hanya merupakan gejala dari adanya suatu penyakit. Sembelit dapat disebabkan kebanyakan duduk, kurang bergerak, kurang makan sayur dan buah-buahan. Dalam keadaan normal, kita orang dewasa buang air besar 1 sampai 2 kali sehari. Terkadang ada juga buang air besarnya tidak normal yaitu 2 hari sekali bahkan terkadang ada yang sampai 1 minggu sekali. Tetapi banyak orang mengangaap remeh. Sebenarnya, susah buang air besar dapat menyebabkan kanker usus. Ada cara tradisional untuk mengatasi sembelit. Dalam mengatasi masalah sembelit dapat dilakukan dengan obat tradisional mengatasi sembelit. 

Berikut tips tradisional untuk mengatasi sembelit diantaranya adalah :

1. Nanas

Caranya, kulit buah nanas dikupas lalu dicuci dan diparut. Peraslah airnya lalu minum air nanas tersebut dan 2 kali sehari.

2. Temulawak

1 rimpang temulawak dicuci. diparut lalu diperas. Air perasan tersebut diberi sedikit asam jawa dan gula aren. Lalu diaduk, disaring dan minum sekali sehari

3. Ngokilo

Ambil setengah genggam daun ngokilo lalu dicuci. Rebus daun ngokilo dengan 2 gelas air sampai air tinggal setengah. Air rebusan ngokilo ini diminum sekaligus sekali sehari

4. Sering memakan buah pepaya matang atau minum jus tomat

5. Campurkan bangle 1 jari + lempuyang 1 jari + jahe 1/2 jari + kencur 1 jari, semua diiris halus, lalu diberi 1 cangkir air masak. Minum sebelum tidur dan habiskan minuman tersebut.

6. Campurkan asam trengguli 50 gram + papare 5 gran + semanggi 25 gram + temulawak 4 gram + pegagan diperut + pupus pepaya 5 gram + lempuyang pahit di parut 20 gram + daun saga manis 15 gram = daun jintan 20 gram + daun meniran 10 gram + kelembak 30 gram, semua direbus dengan air 3 gelas hingga menjadi setengahnya. Untuk diminum 2 kali dalam sehari.

Sembelit bisa terjadi pada usia anak-anak. Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya: kurang makan buah, sayur dan minum air, atau terlalu banyak makan yang berlemak. Berikut ini beberapa tips untuk meredakan sembelit pada si kecil :

  • Pastikan si kecil mengonsumsi sayuran.
  • Beri banuak minum air putih dan jus buah encer
  • Perbanyak asupan buah dalam menu hariannya.
  • Jika si kecil belum terbiasa ke toilet, sekali ini biarkan dia buang air besar (BAB di celana). Memaksanya ke toilet akan membuatnya semakkin tertekan, dan menahan BABnya.
  • Pijat perutnya dengan lembut. Sebelumnya olesi dengan baby oil, minyak telon, atau minyak kayu putih. Pijatan yang lembut akan membantunya mengurangi rasa sakit.
  • Jika si kecil sudah mulai makan makanan tambahan, beri dia bubur buah.
  • Konsultasi ke dokter jika sembelit tak kunjung sembuh.

=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Obat Tradisional Mengatasi Sembelit and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>