Sembelit Atau Konstipasi

Sembelit atau konstipasi adalah keadaan dimana kotoran atau feses mengalami pengerasan sehingga sulit dibuang. Bisa juga pada saat buang air besar terasa sakit sekali. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan konstipasi diantaranya adalah perubahan pola makan, akibat efek samping obat obatan, hormonal atau akibat adanya kelainan anatomis pada saluran pencernaan.

Gerakan peristaltis (Gerakan otot-otot usus) dari otot-otot dinding usus besar menggerakan feses dari saluran pencernaan menuju ke rektum (mendorong kotoran sampai ke rectum). Pada rektum terdapat bagian yang membesar yang biasa disebut ampulla yang menjadi penampungan feses sementara.

Sistem saraf yang mempengaruhi otot-otot pada dinding rektum dapat membuat suatu rangsangan untuk mengeluarkan feses keluar tubuh. Jika tindakan pembuangan terus ditahan atau dihambat maka feses dapat kembali ke usus besar yang menyebabkan air pada feses kembali diserap, dan feses menjadi sangat padat. Bila waktu yang agak lama buang air besar tidak dapat dilakukan dan feses terus menerus mengeras, susah buang air besar dapat terjadi.

Sementara, bila ada infeksi bakteri atau virus di usus maka secara cepat usus akan bereaksi untuk segera mengeluarkan feses.akibatnya, usus kurang mendapat cairan dan feses yang dikeluarkan lebih encer sehingga perut terasa cepat mulas dan terjadinya pembuangan feses tanpa diduga sebelumnya yang kemudian disebut diare.

Ketika rektum telah, maka akan ada tekanan yang terus meningkat didalam rektum yang menimbulkan rangsangan untuk buang air besar lalu feses akan didorong menuju ke saluran anus. Di anus terdapat otot sphinkter, otot sphincter itulah akan mempenuh membuka lubang anus untuk mengeluarkan feses.

Sembelit konstipasi dapat menyerang siapa  saja, tidak terkecuali bayi dan lansia. Penyebab terjadinya sembelit bermacam-macam, diantaranya kurang mengonsumsi serat, dehidrasi dan kurang aktivitas. Sembelit dapat dicegah dengan meningkatkan konsumsi serat dan cairan dalam menu sehari-hari. Misalnya, mengonsumsi buah dan sayuran dalam bentuk jus. Buah dan sayuran yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi  sembelit diantaranya pepaya, jeruk, mangga, kesemek, buah naga, anggur, avokad, manggis, melon, sirsak, kiwi dan bayam.



=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Sembelit/ Susah BAB and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>